Konversi angka ke huruf pada axcel 2007

Kang, tolong dong .. gimana caranya supaya angka di Excel ini bisa otomatis berubah jadi angka, supaya kita gak ribet musti ngetik lagi…banyak salah ketik nich !!!

Itu kalimat terakhir yang saya ingat, saat saya menemukan trik ini dari Microsoft.com. Saya belajar banyak dari situs ini mengenai penggunaan program-program yang ada di Microsoft Office. Dengan kata lain, situs ini sebagai pembimbing online saya dalam memecahkan kasus dan permasalahan dalam penggunaan excel (bisa diklik disini untuk lihat versi aslinya).

Sebenarnya, untuk membuat angka menjadi teks, bukan memakai rumus atau formula Excel biasa. Tapi, memakai sebuah fasilitas lain yaitu makro excel. Kita lewati cara pembuatan makro excel ini. Adapun file makro terbilang ini dapat diunduh disini

Untuk bisa menerapkan makro ini, berikut adalah petunjuk singkatnya. Setelah berkas (file) di atas Anda unduh (download) di , bukalah dengan aplikasi pembaca teks. WordPad atau Notepad.

  • Bukalah berkas Excel yang baru, atau berkas milik Anda yang ingin ditambahi kode ini. Tekan Alt + F11. Langkah ini akan membuka satu jendela khusus untuk Visual Basic Editor.


  • Di bagian VBAProject di panelsebelah kiri, klik-kananThisWorkbook > Insert > Module.

  • Di bagian kosong yang terbuka di bagian kanan, tuliskan kode macro yang tadi dibuka di WordPad. Silakan salin-dan-tempel (Copy Paste istilahnya).
  • Kembalilah ke jendela Excel Anda, dan cobalah
  • tuliskan formula terbilang di salah satu sel.Misalnya, tulislah=terbilang(1002300) maka hasilnya akan berupa tulisan satu juta dua ribu tiga ratus rupiah. Anda juga dapat menulis formula dengan =terbilang(B3), misalnya, dan sel B3 berisi angka yang ingin dibuat teks.

Perhatian:
Bila macro di aplikasi Excel Anda tidak dapat dijalankan, periksalah bagian Macro security. Caranya lihat gambar di bawah ini

Untuk menghilangkan Kata “Rupiah” Bisa diedit melalui perintah Macro nya …

Selamat Mencoba ….

1 comments:

Anonim mengatakan...

Mantap ....sangat bermanfaat sekali kang

Posting Komentar

Video Gallery

Download

.